DNS (Domain Name Sistem)

DNS (DOMAIN NAME SYSTEM)

Sejarah DNS

Sebelum dipergunakannya DNS, jaringan komputer menggunakan HOSTS files yang berisi informasi dari nama komputer dan IP address-nya. Di Internet, file ini dikelola secara terpusat dan di setiap loaksi harus di copy versi terbaru dari HOSTS files, dari sini bisa dibayangkan betapa repotnya jika ada penambahan 1 komputer di jaringan, maka kita harus copy versi terbaru file ini ke setiap lokasi. Dengan makin meluasnya jaringan internet, hal ini makin merepotkan, akhirnya dibuatkan sebuah solusi dimana DNS di desain menggantikan fungsi HOSTS files, dengan kelebihan unlimited database size, dan
performace yang baik. DNS adalah sebuah aplikasi services di Internet yang menerjemahkan sebuah domain name ke IP address. Sebagai contoh, www untuk penggunaan di Internet, lalu diketikan nama domain, misalnya: yahoo.com maka akan di petakan ke sebuah IP mis 202.68.0.134. Jadi DNS dapat di analogikan pada pemakaian buku telepon, dimana orang yang kita kenal berdasarkan nama untuk menghubunginya kita harus memutar nomor telepon di pesawat telepon. Sama persis, host komputer
mengirimkan queries berupa nama komputer dan domain name server ke DNS, lalu oleh DNS dipetakanke IP address.

DNS adalah sebuah teknologi  yang mengubah jaringan computer yang semula bekerja dengan alamat IP diubah menjadi nama domain. Biasanya pada internet untuk penunjukan sumber universal (URL) dan alamat e-mail.

Dulu sebelum adanya DNS, untuk mengakses sebuah browser kita menggunakan alamat IP yang berupa angka-angka misal: server (66.102.7.104) merupakan alamat IP www.google.com . dan hal ini mempersulit orang-orang untuk mencari server yang lain , karena tidak mengetahui alamt IP server tersebut. Sehingga dengan adanya DNS ini yang menyediakan servis  untuk mengubah alamat IP menjadi nama domain, memudahkan kita untuk mencari server yang kita inginkan.

Internet adalah jaringan yang terhubung ke seluruh dunia. Dan setiap computer yang terhubung dengan internet pasti memiliki IP Address. Dan untuk mengetahui IP Address computer kita, bisa mencarinya dengan browsing di www.indosatm2.net dan www.speedtest.net

 

Domain Name System (DNS) merupakan distribute database system yang digunakan untuk pencarian nama komputer (name resolution) di jaringan yang mengunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). DNS biasa digunakan pada aplikasi yang terhubung ke Internet seperti web browser atau e-mail, dimana DNS membantu memetakan host name sebuah komputer ke IP address. Selain digunakan di Internet, DNS juga dapat di implementasikan ke private network atau intranet dimana DNS memiliki keunggulan seperti:

1. Mudah, DNS sangat mudah karena user tidak lagi direpotkan untuk mengingat IP address sebuah komputer cukup host name (nama Komputer).
2. Konsisten, IP address sebuah komputer bisa berubah tapi host name tidak berubah.
3. Simple, user hanya menggunakan satu nama domain untuk mencari baik di Internet maupun di Internet.

DNS dapat disamakan fungsinya dengan buku telepon. Dimana setiap komputer di jaringan Internet memiliki host name (nama komputer) dan Internet Protocol (IP) address. Secara umum, setiap client yang akan mengkoneksikan komputer yang satu ke komputer yang lain, akan menggunakan host name. Lalu komputer anda akan menghubungi DNS server untuk mencek host name yang anda minta tersebut berapa IP address-nya. IP address ini yang digunakan untuk mengkoneksikan komputer anda dengan komputer lainnya.

Struktur DNS

Domain Name Space merupakan sebuah hirarki pengelompokan domain berdasarkan nama, yang terbagi menjadi beberapa bagian diantaranya:
Root-Level Domains
Domain ditentukan berdasarkan tingkatan kemampuan yang ada di struktur hirarki yang disebut dengan level. Level paling atas di hirarki disebut dengan root domain. Root domain di ekspresikan berdasarkan periode dimana lambang untuk root domain adalah (“.”).
Top-Level Domains
Pada bagian dibawah ini adalah contoh dari top-level domains:
– com Organisasi Komersial
– edu Institusi pendidikan atau universitas
– org Organisasi non-profit
– net Networks (backbone Internet)
– gov Organisasi pemerintah non militer
– mil Organisasi pemerintah militer
– num No telpon
– arpa Reverse DNS
– xx dua-huruf untuk kode negara (id:Indonesia,sg:singapura,au:australia,dll)
Top-level domains dapat berisi second-level domains dan hosts.

Untuk membuat website memerlukan alamat website yang berupa domain name :Top level Domain ada 2 macam:

1.  gTLD (Generic TLD, contohnya: .Com .Net .Org .TV.gov)  ex: www.google.com , www.speedtest.net , Wikipedia.org

2.  ccTLD (Country Code, contohnya: .Us .Cn .Mx .Id .uk .my)

  • Com : ini adalah domain name yang paling umum dan paling banyak dipakai.  .Com itu singkatan dari Commercial. Jadi untuk website yang bertujuan untuk “money making” disarankan menggunakan .Com ini
  • .Net : ini domain yang paling banyak dipakai ke-2 setelah .Com. .Net singkatan dari Network. Sebenarnya domain ini ditujukan untuk para internet service provider.
  • .Org : kalo domain yang satu ini, singkatan dari Organization, biasanya dipake buat website dari sebuah organisasi politik atau organisasi yang ‘non-profit’
  • .Info : domain yang registrasinya paling murah, sekitar $1.99 usd, domain ini cocok untuk website yang berisi informasi-informasi

Sub domain

Menunjukkan hanya untuk pribadi

Nama subdomain bersifat relative tergantung alamat URL/ nama Website.

Ex:       Wikipedia.org  ® sub domain: Wikipedia , TLDomain : org

www.yahoo.com® sub domain : www , domain : yahoo , TLD : com

www.smazapo.sch.id ®sub domain : id , domain : smazapo , TLD : sch ,w ww ; host name

 

Setiap label di sebelah kirinya menyatakan sebuah sub-divisi atau subdomain dari domain yang lebih tinggi. Catatan: “subdomain” menyatakan ketergantungan relatif, bukan absolut. Contoh: wikipedia.org merupakan subdomain dari domain org, dan id.wikipedia.org dapat membentuk subdomain dari domain wikipedia.org (pada prakteknya, id.wikipedia.org sesungguhnya mewakili sebuah nama host – lihat dibawah).

Second-Level Domains
Second-level domains dapat berisi host dan domain lain, yang disebut dengan subdomain. Untuk contoh: Domain Bujangan, bujangan.com terdapat komputer (host) seperti server1.bujangan.com dan subdomain training.bujangan.com. Subdomain training.bujangan.com juga terdapat komputer (host) seperti client1.training.bujangan.com.

Beberaa contoh dari sub domain meliputi:

  1. edu atau ac  merupakan domain untuk bidang pendidikan
  2. gov atau go merupakan untuk badan peerintahan
  3. int merupakan domain untuk badan dunia
  4. org merupakan untuk domain organisasi
  5. co merupakan domain untuk peruahaan
  6. net merupakan domain untuk jaringan (internet provider)
  7. mil merupakan domain untuk militer
  8. com merupakan domain untuk situs komersial

 

Untuk kode nama dari negara dimana situs berada meliputi:

  1. id untuk negara indonesia
  2. id untuk negara India
  3. id untuk negara Amerika
  4. id untuk negara China
  5. id untuk negara Inggris
  6. id untuk negara Jerman
  7. id untuk negara Australia

Host Names
Domain name yang digunakan dengan host name akan menciptakan fully qualified domain name (FQDN) untuk setiap komputer. Sebagai contoh, jika terdapat fileserver1.detik.com, dimana fileserver1 adalah host name dan detik.com adalah domain name. Bagian paling kiri dari bagian nama domain (biasanya) menyatakan nama host. Sisa dari nama domain menyatakan cara untuk membangun jalur logis untuk informasi yang dibutuhkan; nama host adalah tujuan sebenarnya dari nama sistem yang dicari alamat IP-nya. Contoh: nama domain http://www.wikipedia.org memiliki nama host “www”.

 

Fungsi dari DNS adalah menerjemahkan nama komputer ke IP address (memetakan). Client DNS disebut dengan resolvers dan DNS server disebut dengan name servers. Resolvers atau client mengirimkan permintaan ke name server berupa queries. Name server akan memproses dengan cara mencek ke local database DNS, menghubungi name server lainnya atau akan mengirimkan message failure jika ternyata permintaan dari client tidak ditemukan. Proses tersebut disebut dengan Forward Lookup Query, yaitu permintaan dari client dengan cara memetakan nama komputer (host) ke IP address.

Web Hosting

 

Apabila kita ingin membuka website atau data dari sebuah perusahaan yang kita inginkan, tapi computer perusahaan tersebut mati sehingga kita tidak bisa mengambil data tersebut. Maka dengan berkembangnya teknologi maka diperlukan  layanan webhosting yang memungkinkan kita untuk dapat mengakses data tersebut setiap saat.  Jadi melalui webhosting kita bisa memberikan data kita di internet kapanpun dan dimanapun, sehingga memudahkan data tersebut untuk diambil .   ex : indoGlobal/web dan jagoan.hosting

Jadi web  hosting adalah layanan jasa penyewaan tempat di internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi menampilkan layanan jasa atau produknya di web / situs Internet. Maka pemanfaatan jasa web hosting merupakan sarana alternatif: Promosi, Menyebarkan Informasi, Berjualan, Layanan Publik sampai dengan sekedar tempat untuk menumpahkan isi hati yang kelabu ke dalam buku harian berbasis web (blog: web log). Dengan adanya webhosting juga memudahkan kita untuk mendapatkan informasi, terutama sebagai pelajar yang juga bisa mendapatkan materi pelajaran dari web seorang guru. Untuk membuat website kita harus membelinya/ menyewanya di webhosting. Banyak penyelenggara jasa web hosting. Yang paling mudah adalah google atau yahoo .

 

Domain Gratis

Domain gratis kebanyakan adalah sub domain,, yaitu domain utamanya sudah ada yang punya. Namun dia menyediakan domain lain dengan ekstensi domain utama (TDL) tersebut. Misalnya adalah domain gratis co.cc. kalau kita mendaftarkan website/blog dengan domain co.cc, sebenarnya kita mendapatkan subdomain. Domain utama adalah co.cc. namun yang kita dapatkan adalah ”namakita.co.cc”, dan sebagainya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: